Kamis , 29 Juni 2017
Home / Artikel / Al Qur’an Berbicara tentang Pendidikan
WabbyTwaxx_Northwood Books In Chambersburg, Pa_Z0JiQg

Al Qur’an Berbicara tentang Pendidikan

Oleh: Dr. Atabik Luthfi

 

Secara umum, ayat-ayat yang berhubungan dengan proses belajar dan mengajar dapat dirumuskan sebagai berikut.

Pertama, surah al-Baqarah ayat 78; menggambarkan kelompok Ummiyyin yang tidak bersentuhan dengan proses belajar mengajar yang dikecam oleh Al-Qur’an.

Kedua, surah Ali Imran ayat 79; merupakan harapan Allah akan hadirnya umat Rabbaniyyin yang melakukan proses belajar mengajar secara intensif dan sungguh-sungguh.

Ketiga, surah at-Taubah ayat 122; Allah swt mensejajarkan kelompok mujahidin di medan perang dengan mereka yang melakukan aktifitas “tafaqquh fiddin” dengan tanggung jawab mengajarkan dan memberikan peringatan kepada kaumnya.

Keempat, Surah al-Mujadilah ayat 11; Allah swt memberikan kelebihan dan keutamaan beberapa derajat hanya kepada mereka yang beriman dan menjalankan aktifitas belajar dan mengajar dengan tekun.

Dalam bahasa Imam asy-Syaukani, orang yang beriman diberi penghargaan karena keimanannya, demikian juga orang yang berilmu diberi penghargaan atas ilmunya. Namun, orang yang beriman dan berilmu diberi beberapa derajat keutamaan dan kelebihan karena menggabungkan antara dua keutamaan secara bersaman.

Demikian pembahasan Al-Qur’an tentang pendidikan yang lengkap, integral dan komprehensif. Masing-masing komponen pendidikan mengambil peran dan memberikan kontribusi atas lahirnya umat terbaik yang memberi kebaikan bagi hidup dan kehidupan manusia sehingga akan tercapai ’hayatan thayyibah’ seperti yang diharapkan seluruh hamba Allah swt. *disadur dari Tafsir Irsyadi

Sumber:
Telegram @atabikluthfi

Comments

comments

Tentang Dr. Atabik Luthfi

Lihat Juga

tsai

Presiden Taiwan Beri Ucapan Selamat Idul Fitri Berbahasa Indonesia

JAKARTA–Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyampaikan selamat Idul Fitri kepada Muslim seluruh dunia, dan secara khusus ...

Tinggalkan Balasan