Selasa , 26 September 2017
Home / Artikel / Adab dan Akhlak / Awas Setan Ikut Makan Bersama Kita
21setelah-makan-jangan-lakukan-5-hal-ini

Awas Setan Ikut Makan Bersama Kita

Kadangkala kita lupa membaca do’a sebelum makan. Biasanya hal itu terjadi karena makanan yang kita hadapi adalah hidangan yang lezat atau menarik hati kita. Akhirnya kita pun makan dengan lahap sampai lupa membaca doa.

Tahukah anda, ketika kita lupa membaca doa makan setan sudah mengincar-incar untuk dapat makan bersama orang yang tidak ucapkan doa, seperti dikatakan dari Ibnu Shabh, dari al-Mustsanni bin Abdurrahman al-huza’i, dari pamannya yang bernama Umayyah bin Mukhsyi.

Dia adalah yang selalu menyertai Nabi Muhammad SAW, lalu dia berkata, “Suatu ketika Nabi sedang duduk ada seorang sahabat beliau makan, dan tidak membaca bismillah. Maka setan pun makan bersama dengannya, ketika makannya itu tinggal satu suap, orang itu berdo’a.

Bissmillahi fii awwalihhi wa fii akhirihi” artinya : Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhir.”

Kemudian beliau seraya bersabda, “Pada saat ini setan terus-menerus ikut dengan orang itu, namun ketika dia menyebut Nama Allah, maka dia memuntahkan semua makanan yang masuk ke dalam perutnya,” (Al-Hadits)

Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila seseorang diantara kalian hendak makan hendaklah ia menyebut nama Allah ta’ala. Jika ia lupa menyebut nama Allah ta’ala di awalnya maka hendaklah ia mengucapkan “Bismillah awwalahu wa aakhirahu. (HR Abu Dawud: 3767, at-Turmudziy: 1858 dan Ahmad: VI/ 143. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih)

Dari Hudzaifah berkata, dan bersabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya setan menghalalkan makanan yang tidak disebut nama Allah padanya.” (HR Abu Dawud: 3766 dan Muslim: 2017. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih)

Oleh karena itu, perlulah kita ingat untuk berdoa, tahanlah terlebih dahulu hawa nafsu kita untuk makan terburu-buru, jika ingin selamat dan berkah

 

Sumber: 11 dari 101 Kisah Tawa dan Senyum Nabi Muhammad SAW/Karya: Abu Islam Ahmad/Penerbit: Al-Qalam

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

large

Aku Mencintaimu, Tapi…

  Seorang pemuda yang sangat tampan dan rajin beribadah tinggal di Kuffah. Ia adalah orang ...