Jumat , 26 Mei 2017
Home / Artikel / Adab dan Akhlak / Jangan Lupa Bersyukur
syukur-nikmat

Jangan Lupa Bersyukur

Betapa banyak nikmat yang Allah karuniakan kepada kita. Diantara banyaknya nikmatNya antara lain nikmat Islam, nikmat kesehatan, nikmat kesempatan waktu luang, nikmat harta, nikmat tempat tinggal, nikmat memandang, nikmat mendengar, nikmat dapat berbicara dan masih banyak yang lainnya sampai tidak terhitung jumlahnya.

Firman Allah dalam Al-Qur’an : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Sabda Rasulullah SAW, “Bersyukur atas nikmat Allah Swt akan melestarikan nikmat tersebut.” (HR. ad-Dailami)

Nikmat yang dianugerahkan Allah kepada manusia, merupakan pemberian yang terus menerus, dengan berbagai macam bentuk lahir dan batin.

Hanya saja manusia kurang pandai mensyukuri nikmat Allah. Lawan dari syukur adalah kufur nikmat Allah. Sebab seolah-olah belum diberikan sesuatupun oleh Allah karena melihat orang lain lebih kaya, lebih kuat, lebih rupawan, dan sebagainya.

Sikap sering bersyukur kepada Allah akan mempertebal keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Serta menghindari kita dari rasa sedih dan keterpurukan.

Ini adalah salah satu dari hikmah keutamaan serta tujuan manfaat kita bersyukur kepada Allah.

Imam Al-Ghazali merumuskan 3 faktor yang harus/wajib terdapat dalam konteks Syukur yang sungguh-sungguh tersebut, yakni

  • Syukur dengan hatinya dalam bentuk kesaksian dan kecintaannya kepada Allah SWT
  • Syukur dengan lisannya dalam bentuk pengakuan serta puji-pujian kepada Allah SWT. Seperti mengucapkan Hamdallah, Alhamdulillah (Segala Puji bagi Allah)
  • Syukur dengan seluruh anggota tubuhnya dalam bentuk amal shaleh perbuatannya.

Manfaat Bersyukur

Orang-orang yang bersyukur memiliki kesadaran dan kemampuan untuk melihat keindahan dan kenikmatan yang dikaruniakan Allah Subhanahu wa ta’ala kepada mereka semuanya dan juga seluruh alam semesta ini.

Kita perlu belajar kepada orang-orang mukmin sejati yang senantiasa mengerti dan memahami akan keutamaan bersyukur kepada Allah, sekalipun berada dalam keadaan yang sangat sulit sekalipun. Baik itu dalam menghadapi kesulitan hidup, kesulitan berumah tangga dan sejenisnya.

Orang beriman yang mampu melihat sisi-sisi kebaikan dalam setiap peristiwa dan keadaan juga mampu melihat kebaikan dalam penderitaan tersebut.

Anggapan kebanyakan orang, bersyukur kepada Allah hanya perlu dilakukan pada saat mendapatkan anugerah kenikmatan yang besar atau terbebas dari masalah besar yang sedang dihadapinya maka hal tersebut adalah kekeliruan kesalahan yang besar.

Padahal jika kita merenung sejenak, maka kita akan bisa menyadari bahwa kita semua ini dikelilingi oleh nikmat yang tidak terbatas banyaknya.

Dalam hitungan waktu, setiap detik, setiap menit, dan seterusnya tercurah kenikmatan dari Allah tak terhenti yang berupa hidup, kesehatan, kecerdasan, panca indra, udara yang dihirup.

 

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

Screenshot_2017-05-24-22-26-18_com.android.chrome_1495639596692_1495639608464

Di Hari Kiamat, Ada Umat Islam yang Diusir Rasulullah

KITA tentu merasa bangga menjadi umat Rasulullah saw, bukan? Mengingat, Nabi kita itu sangat menyayangi ...