Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Artikel / Lewat Surat, Cara Rasulullah ajak Pemimpin Dunia Masuk Islam
xzzz

Lewat Surat, Cara Rasulullah ajak Pemimpin Dunia Masuk Islam

Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin umat Islam yang membawa kedamaian dengan keluhurun akhlak. Beliau SAW juga mengirim beberapa surat kepada raja dan penguasa di luar Jazirah Arab untuk mengundang mereka agar masuk Islam.

Dalam sebuah surat yang dikirim ke penguasa Mesir Al-Muqawqis pada tahun keenam hijriah, sang Nabi mengundangnya untuk masuk Islam. Nabi juga mengatakan jika Al-Muqawqis menjadi seorang Muslim, maka Allah akan menggandakan pahalanya.

Nabi SAW juga mengutip ayat Al-Qur’an: “Katakanlah, ‘Hai Ahli Kitab Suci, datanglah sebuah kata yang adil antara kita dan Anda – bahwa kita tidak akan beribadah kecuali kepada Allah dan tidak ada apapun yang setara dengan-Nya dan tidak saling mengambil alih. Tetapi jika mereka berpaling, katakanlah:’ Saksikanlah bahwa Kami adalah umat Islam yang hanya tunduk kepada-Nya.’”

Tercatat Nabi juga mengirim surat kepada Kaisar Ashama ibn Abjar di Ethiopia, Heraclius, kaisar Kekaisaran Bizantium, Chosroes, raja Persia, Munzir ibn Sawa, penguasa Bahrain, Himyarite Harith, pangeran Yaman, dan Harith Gassani, Gubernur Syam, Alarabiya melaporkan.

Surat-surat nabi yang mengundang raja-raja dan pangeran untuk mengikuti Islam semuanya disimpulkan dengan pernyataan: “Jika berpaling, Anda akan menanggung dosa rakyat Anda.”

Menurut beberapa narasi bersejarah, Chosroes of Persia merobek surat nabi tersebut. Ketika sang nabi mendengarnya, dia berjanji akan menghancurkan Chosroes dan yang terakhir meninggal tak lama kemudian dan kekaisaran melemah.

Beberapa surat ini disimpan di museum Istanbul Turki dan Museum Madinah di Arab Saudi menyimpan salinan asli dari surat-surat ini.

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

kebun-kurma-pasuruan-1

Ketinggalan Shalat Berjamaah, Sedekahkan Kebun Kurma

SAHABAT Nabi terkenal sebagai orang-orang yang selalu menjaga shalat berjamaah. Dengan begitu mereka berarti selalu ...