Minggu , 24 September 2017
Home / Artikel / Musa Berburu Ilmu
kristina_autumn-books_a0zisgq

Musa Berburu Ilmu

Dan ingatlah ketika Musa pada pemuda yang membersamainya, “Aku takkan berhenti berjalan hingga bertemu dengan perjumpaan dua lautan atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun.” (Q.S. Al Kahfi : 60). Alangkah mulia Musa berburu ilmu.

Al Allamah As Sa’dy dalam tafsirnya menyatakan: “Betapa pentingnya memperkaya wawasan dan mendalamkan pemahaman sehingga Sayyidina Musa as meninggalkan sejenak kepemimpinan  dan pembimbingannya kepada Bani Israil dengan menempuh jarak yang jauh dan perjalanan meletihkan demi memperoleh ilmu dan kepahaman.”

Dan mari cemburu pada semangat dan tekad Musa menuntut ilmu dalam qur’an tersebut. Ada beberapa penjelasan tafsir pada ayat tersebut. Menurut Ath-Thabary, “huquba” dalam bahasa Qays-Ailan berarti 1 tahun. Diriwayatkan pula dari Abdullah ibn Amr, “huquba” berarti 80 tahun.

Muhammad ibn Ka’b Al Qurazhi berkata bahwa Musa berjalan dari Sinai mesir hingga Thanjah di ujung Maroko untuk mencapai pertemuan dua lautan, yaitu Laut Tengah dan Atlantik. Sungguh pelajaran dari seorang Nabi bagi yang menuntut ilmu dengan menempuh jarak jauh melintasi negeri.

 

Sumber :

Menyimak Kicau Merajut Makna, Salim A. Fillah, ProU Media

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

a57cb69d-0ea4-48b0-926f-b92e6a38b1aa_1505793111583

Soal Nobar Film G30S/PKI, Panglima TNI: Itu Perintah Saya, Mau Apa?

  Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo rupanya tidak ambil pusing atas polemik pemutaran film ...