Jumat , 23 Juni 2017
Home / Artikel / Orang yang Berpuasa Akan Dipanggil dari Pintu ArRayan
Heaven's gate (digital composite)
Heaven's gate (digital composite)

Orang yang Berpuasa Akan Dipanggil dari Pintu ArRayan

Allah swt mewajibkan umat Islam berpuasa di bulan Ramadan serta menjanjikan pahala yang berlimpah bagi orang-orang yang berpuasa.

Karena pahala puasa sangat agung, Allah tidak menentukan jumlah pahalanya, akan tetapi Allah berfirman dalam hadits qudsi;

إلا الصوم فإنه لِي وأنا أجزي به

“Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Saya yang akan memberi pahalanya.”

Keutamaan bulan Ramadan banyak sekali, di antaranya Allah sediakan bagi orang-orang puasa pintu Ar-Rayyan.

Nama ini yang ada dalam hadits muttafaq alaihi, dari hadits Sahl radhiallahu anhu dari Nabi sallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka.

Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi.” (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947)

Kenapa Allah bisa menghadiahi amalan puasa? Karena di dalam puasa, seseorang meninggalkan berbagai kesenangan dan berbagai syahwat. Hal ini tidak didapati dalam amalan lainnya.

Ar-Rayyan secara bahasa berarti puas, segar dan tidak haus. Ar Rayyan ini adalah salah satu pintu di surga dari delapan pintu yang ada yang disediakan khusus bagi orang yang berpuasa.

Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang berpuasa terutama di bulan Ramadhan yang menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu. Rasa dahagalah yang lebih dirasakan oleh orang yang berpuasa berbanding lapar.

Zain Ibnu al-Munir berkata: “Rasulullah mengatakan pintu ar-Rayyan ada ‘di dalam syurga’. Sehingga orang-orang yang melalui pintu ini akan merasa kenikmatan syurgawi.

“Siapa yang memasukinya (memasuki pintu ar-Rayyan), maka akan meminum darinya. Dan sesiapa meminum darinya, maka tidak akan dahaga selamanya.” (Hadis Riwayat al-Nasa’I dan Ibnu Khuzaimah dari Sa’id Ibn ‘Abdurrahman, dan lainnya).

Ini merupakan penghormatan dari Allah swt kepada orang yang berpuasa. Sekaligus merupakan balasan bagi mereka atas keikhlasan menjalankan ibadah. Allah swt juga akan menanggung pahala orang-orang yang berpuasa.

 

Sumber : Islamqa/shafiqolbu

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

muslimwomansiluet12345

Ketika Ibunda Imam Syafii Menolak Harta Anaknya

Pada saat imam Syafi’i masih kecil dan belajar di Makkah, gurunya berkata kepada Syafi’i kecil, ...