Rabu , 20 September 2017
Home / Artikel / Tidakkah Mereka Perhatikan Burung Yang Terbang?
images (58)

Tidakkah Mereka Perhatikan Burung Yang Terbang?

Ayat atau tanda kekuasaan Allah bukan hanya dari tulisan saja, alam semesta pun adalah ayat-Nya yang perlu diambil ibrah. Penahkah anda perhatikan burung yang sedang terbang dan melayang-layang bebas di udara?

Dalam surat an-Nahl ayat 79 menerangkan tentang burung, yang di dalamnya memberikan pertanyaan tantangan kepada orang-orang yang menyekutukan Allah dengan memperlihatkan salah satu kekuasaan-Nya.

أَلَمْ يَرَوْا إِلَى الطَّيْرِ مُسَخَّرَاتٍ فِي جَوِّ السَّمَاءِ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلا اللَّهُ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dapat terbang di angkasa dengan mudah? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Allah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.”

Dan pada al-Mulk ayat 19,

أَوَلَمْ يَرَوْا إِلَى الطَّيْرِ فَوْقَهُمْ صَافَّاتٍ وَيَقْبِضْنَ ۚ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا الرَّحْمَٰنُ ۚإِنَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ بَصِيرٌ

“Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah.

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.

Siapakah yang menciptakan organ-organ tubuh burung2 tesebut dan menjadikan warnanya yang bermacam-macam, warna bulu-bulunya amat indah, makanannya juga berbeda-beda, suaranyapun juga berbeda-beda.”

Ya, dalam ilmu fisika ada istilah Aerodinamika atau aerofoil, sayap burung diciptakan Allah secara ringan, kuat, dan fleksibel, memberikan gaya angkat ke atas dan ke bawah, bisa menukik secara mendadak dan cepat.

Tubuh burung diberi fasilitas oleh Allah untuk terbang dengan sedikit sekali mendapat hambatan udara, dapat melesat jauh dan cepat.

Bahkan ada burung Albatros yang bisa terbang jarak jauh dan sangat lama di udara.

Dengan seiring berjalannya waktu, manusia mengembangkan teknologi yang dapat menyebrangi pulau dan samudra. Ya, itulah pesawat

images (62)

Dengan mengadopsi struktur burung, kapal mempunyai kemampuan yang luar biasa, membawa ratusan orang terbang melintasi laut dan pulau-pulau.

Maha Besar Allah, burung yang dapat terbang di angkasa dengan bebas tanpa hambatan. Hanya Allah-lah yang bisa menahannya di angkasa sana.

Oleh karena itu sebagai manusia salah satunya diperintahkan untuk memerhatikan burung, dan burung yang terbang dijadikan tantangan kepada orang yang Musyrik.

 

Disadur : Inspiradata

Comments

comments

Tentang Danu Wijaya

Danu Wijaya
Admin pengurus AlimanCenter.com

Lihat Juga

sejarah-Islam (1)

Kisah Pernikahan Barakah

Sebagian pernikahan menjadi penuh barakah, karena niat awal ketika memutuskan untuk menikah. Al-Idris Asy-Syafi’i menikah ...