Minggu , 24 September 2017
Home / Konsultasi / Konsultasi Umum / Apakah Tindakan ISIS Dibenarkan dalam Islam?
140902-abu-bakr-baghdadi-jsw-1245p_147b2f0312b615902cfc08fc63bd370c.nbcnews-ux-800-600

Apakah Tindakan ISIS Dibenarkan dalam Islam?

Assalamualaikum. Saya ingin bertanya apakah ISIS dibenarkan oleh hukum Islam? Mohon penjelasannya. ~ Ferry

 

Jawaban:

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, wash-shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah.

Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan keberkahan-Nya kepada Bapak Ferry dan keluarga.

Terkait dengan pertanyaan Bapak, sesungguhnya fenomena ISIS merupakan salah satu fenomena yang mengejutkan banyak pihak. Kelompok ini tiba-tiba muncul, lalu mendeklarasikan sebagai negara khilafah dan yang lainnya. Orang-orang yang menjadi tokoh ISIS pun tidak pernah dikenal dalam dunia islam. Informasi tentang mereka pun simpang siur. Dalam menyikap hal semacam ini, kita bisa merujuk kepada pandangan beberapa lembaga atau pun ulama yang terpercaya.

Pertama, ISIS atau Islamic State in Iraq and Syam atau Da’isy mendeklarasikan sebagai negara khilafah. Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, negara khilafah yang mereka deklarasikan tidak sesuai dengan ketentuan syariah. Dengan demikian, manhaj mereka tentang negara khilafah tidak benar.

Kedua, ISIS gampang memvonis umat muslim yang berbeda dengan mereka sebagai orang yang murtad. Mereka juga memvonis orang yang keluar dari wilayah kekuasaan mereka menuju negara lain sebagai orang yang murtad. Dan masih banyak lagi penyimpangan kelompok ISIS. Bahkan, tidak sedikit dari kalangan ulama yang berpendapat mereka termasuk khawarij (kelompok ekstrim yang gampang memvonis kafir. Salah satu manhaj mereka adalah memvonis kafir orang yang melakukan dosa besar).

Ketiga, ISIS tidak memerangi orang-orang kafir yang saat ini menjajah sebagian dari negara muslim. Kenyataan yang terjadi, mereka membunuh  dan memerangi saudara-saudara muslim yang berjuang melepaskan diri dari penguasa diktat.

Dan masih banyak lagi perkara-perkara yang menunjukkan bahwa kelompok ISIS adalah kelompok yang menyimpang. Para ulama di berbagai negara mengharamkan bergabung dengan ISIS.

Semoga Allah SWT senantiasa istiqamah di jalan yang benar dan diselamatkan dari jalan-jalan yang menyimpang.

Wallahua’lam.

Ustadz Abdul Rochim, Lc

ed : danw


Ingin konsultasi seputar ibadah, keluarga, dan muamalah? Kirimkan pertanyaan Anda kesini 

Comments

comments

Tentang alimancenter

Lihat Juga

Alex Masyuta_flying bee_ZkxhQ2Q

Hukum Lebah yang Mencuri Madu dari Bunga Tetangga?

Assalamualaikum Pak ustad. Saya mau bertanya, contoh saya petani lebah. Lebah saya mengambil nektar bunga ...