Kamis , 29 Juni 2017
Home / Konsultasi / Konsultasi Umum / Hukum Menghitamkan Rambut
rambut

Hukum Menghitamkan Rambut

Assalammuallaikum Wr.Wb.

Ustadz saya Tian seorang siswi SMK yang akan melaksanakan PKL disebuah industri. Tetapi suatu kesalahan Tian dan membuat Tian menyesal yaitu karena telah mewarnai rambut Tian dengan warna pirang. Dan dalam industri tersebut tidak mengizinkan rambut yang diwarnai. Apakah Tian boleh menghitamkan rambut Tian dan bagaimana hukumnya?. Tian mohon jawabannya Ustadz. Terimakasih.

Wassallammuallaikum Wr.Wb.

Jawaban Assalamu alaikum wr.wb.

Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du.

Pada dasarnya mencelup, atau mewarnai rambut dengan warna hitam tidak diperbolehkan. Hal ini di antaranya didasarkan pada ucapan Rasul saw kepada ayah Abu Bakar, ra yakni Abu Quhafah yang datang kepada beliau dengan kondisi rambutnya putih terang. Beliau berkata, “Ubahlah ini dan hindari warna hitam!” Para ulama memahami hadits tersebut dan hadits lain yang senada sebagai larangan secara umum untuk mewarnai rambut dengan warna hitam.

Namun sebagian lain mengaitkan larangan tersebut dengan adanya unsur manipulasi dan penipuan dalam hal penampilan. Ini seperti pandangan Dr. Yusuf al-Qardhawi. Menurut beliau kasus Abu Quhafah yang dilarang mewarnai rambut dengan warna hitam lantaran usianya sudah tua sehingga tidak layak mencelup rambutnya dengan warna hitam. Namun yang usianya masih muda, maka tidak apa-apa mencelup dengan warna hitam. Imam az-Zuhri juga menegaskan, “Kami mencelup dengan warna hitam jika wajahnya masih muda. Namun ketika sudah tua, kami tinggalkan.” Karena itu, melihat kondisi Anda yang masih muda dan ingin mengembalikan warna rambut kepada warna aslinya, sehingga berarti tidak ada unsur penipuan, maka hal itu tidaklah dilarang. Wallahu a’lam.

Wassalamu alaikum

Comments

comments

Tentang Fauzi Bahreisy

Fauzi Bahreisy
Pengasuh rubrik konsultasi AlimanCenter.Com

Lihat Juga

55Laney69_Vintage Bottle_YkdiRg

Konsumsi Obat Lewat Waktu Fajar Saat Puasa

Assalamualaikum wr wb. Pak Ustad, saat ini saya sedang hamil dan oleh dokter saya diberikan ...

Tinggalkan Balasan