Penunjukan Umar bin Khattab sebagai khalifah bukan semata hasil dari ijtihad Abu Bakar dan juga para sahabat. Telah disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda mengenai keduanya (Abu Bakar dan Umar bin Khattab), “Aku tidak tahu, berapa lama lagi aku akan tinggal bersama kalian. Maka ikutilah (petunjuk) dua orang setelahku.” Beliau menunjuk Abu Bakar dan Umar.
Rasulullah pernah bermimpi , “Aku melihat diriku mengambil air dengan ember bulat dari sebuah sumur. Lalu datanglah Abu Bakar, ia mengambil satu atau dua ember air dengan tarikan yang lemah, semoga Allah mengampuninya.
Lalu datanglah Umar bin Khattab, maka tiba-tiba ember tersebut menjadi besar. Aku belum pernah melihat seorangpun dari pembesar Quraisy mengambil air seperti dia. Orang-orang pun puas minum dan ternak-ternak mereka juga puas minum, mereka membawa ternak-ternak tersebut kembali ke tempat istirahatnya.”
An-Nawawi menafsirkan bahwa mimpi Rasulullah ini adalah masa kekhalifahan Abu Bakar dan Umar. Masa kekhalifahan Abu Bakar hanya berlangsung dua tahun beberapa bulan yang penuh dengan keberkahan. Adapun pada masa Umar, Islam tersebar ke berbagai negeri, banyak penaklukan, rampasan perang, dan sebagainya.
Sungguh Allah telah meninggikan dan memuliakan Islam, begitu halnya dengan pemeluknya.
 
Sumber: Abu Jannah. Sya’ban 1438 H. Serial Khulafa Ar-Rasyidin, Umar bin Khattab. Jakarta: Pustaka Al-Inabah

Tags

Comments are closed

When people help people, change happens.

1773 Turkey Pen Road New York,
NY 10013 1-800-123-4567

Recent Comments
    X