Bertobat dari Durhaka Kepada Orang Tua

Assalamu’alaikum. Saya mau bertanya apakah seseorang yang sudah durhaka kepada ibu bisa bertaubat dan diampuni dosanya. Terima kasih. Wassalamualaikum
 
Jawaban
Assalamu alaikum wr.wb.
Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:
Dosa kepada orang tua, terutama kepada ibu termasuk dosa besar. Pasalnya, di banyak ayat dan hadits Allah menyuruh kita untuk berbakti kepada orang tua dan melarang untuk durhaka kepadanya.
Di antara sekian banyak ancaman bagi yang durhaka kepada orang tua adalah hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh al-Hakim dan al-Ashbihani, “Semua dosa Allah tangguhkan hukumannya sesuai dengan kehendak-Nya hingga hari kiamat kecuali durhaka kepada orang tua. Allah menyegerakan hukumannya kepada pelakunya saat ia masih hidup sebelum mati.
Lalu apa ada jalan untuk bertobat dari durhaka kepada ibu atau orang tua?
Tentu saja ada. Siapapun yang durhaka kepada orang tua harus segera bertobat dari dosa besar tersebut. Ia harus menyesal, meminta ampunan kepada Allah, serta bertekad untuk tidak mengulangi.
Ia juga harus memperbanyak bakti dan mencari ridha ibunya dengan cara menghormati, berkata baik, dan membantu sang ibu. Ia juga tidak boleh putus asa dan terus memperbanyak amal-amal kebaikan dan ibadah lainnya sebab “Amal-amal kebaikan bisa menghapus dosa.” (QS Hud: 114).
Semoga Allah memberikan ampunan dan taufik-Nya kepada kita semua. Amin.
Wallahu a’lam.
Wassalamu alaikum wr.wb. 
Ustadz Fauzi Bahreisy
Ingin konsultasi seputar ibadah, keluarga, dan muamalah? Kirimkan pertanyaan Anda kesini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *