Cara Shalat di Atas Kendaraan

Assalamu’alaikum. Saya ingin bertanya ustad, bagaimana caranya shalat diatas kendaraan? Terima kasih atas jawabannya. Wassalam
 
Jawaban:
Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ‘ala alihi wa shahbihi. Amma ba’du:
Jika anda bisa melakukan shalat di kendaraan seperti biasanya, maka lakukanlah, dengan berdiri dan menghadap ke qiblat. Biasanya, ini bisa dilakukan kalau kendaraannya adalah kapal laut besar yang menyediakan fasilitas masjid atau mushalla. Namun, bila anda di atas kendaraan yang tidak memungkinkan anda untuk berdiri, maka lakukanlah shalat dengan cara duduk di atas kursi. Ruku’ dilakukan dengan sedikit menundukkan badan dan sujud bisa dilakuakan dengan menundukkan badan lebih dalam lagi dari pada ruku’.
Kemudian, bila anda tidak bisa menghadapkan wajah ke arah qiblat, maka anda bisa menghadapkan wajah ke arah mana saja, namun tetap hadapkan wajah anda kepada Allah swt. Allah SWT berfirman: “Maka kemanapun kamu menghadap disitulah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al Baqarah : 115).
Wallahu a’lam.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh 
Ustadz Fauzi Bahreisy
ed : danw


 
Ingin konsultasi seputar ibadah, keluarga, dan muamalah? Kirimkan pertanyaan Anda kesini 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *